Selasa, 15 Desember 2015

Media dan Sumber Pembelajaran (Fungsi dan manfaat media dalam pembelajaran)



Makalah Media dan Sumber Pembelajaran (Fungsi dan manfaat media dalam pembelajaran)

Oleh
kelompok : 3

Nama                          : Nadariah                  (1302090080)
                                       Zulhanif                   (1302090082)
                                       Aprilia                      (1302090083)
                                      Rahmad hidayat      (1302090084)               
SMT/UNIT                : V/C
Mata Kuliah               : Sumber dan Media Pembelajaran SD.
Dosen Pengampu       : Dr. H. Hambali, SE.,M.Pd.






UNIVERSITAS ALMUSLIM KABUPATEN BIREUEN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
 2015


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang maha memberi rahmat dan hidayah sehingga penyusunan Makalah kami ini bisa diselesaikan dengan baik. Selawat beriring salam senantiasa disampaikan kepada junjungan alam yang dikagumi oleh makhluk didalam dunia yaitu Nabi besar Muhammad Saw beserta keluarga dan sahabat beliau sekalian, karena dengan perjuangan merekalah telah merubah kehidupan di dalam dunia ini, dari jahiliah ke islamiah yang bernuansa keilmuan dan akhlakulkarimah.
Buat penulis, Makalah ini adalah sebagai salah satu kewajiban atau  syarat yang harus dilaksanakan untuk menyelesaikan Mata Kuliah Sumber dan Media Pembelajaran SD. Berkat bantuan dari berbagai pihak maka tersusunlah Makalah  ini, untuk itu kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan Makalah  ini.
Di dalam membuat makalah ini tidak sedikit kendala  yang kami hadapi, oleh sebab itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami mohon maaf apabila masih ada kesalahan dan kesilapan di dalam penyusunannya baik dalam peletakan spasi, tanda titik, koma dan sebagainya. Semoga dengan adanya Makalah ini, bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua, baik bagi diri sendiri maupun bagi teman-teman semua. Kritik dan saran senantiasa kami harapkan untuk kesempurnaan Makalah  ini.

MatangGlumpangdua,    November 2015


Penulis


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR............................................................................................       i    
DAFTAR ISI............................................................................................................       ii
BAB  I    PENDAHULUAN...................................................................................       1
1.1.LatarBelakang................................................................................................       1
1.2.Rumusan masalah..........................................................................................       2
1.3.Tujuan ...........................................................................................................       2
BAB II    PEMBAHASAN......................................................................................       3
2.1.Pengertia Media pembelajaran  .....................................................................       3
2.2.Fugsi media pembelajaran .............................................................................       3
2.3.Manfaat media pembelajaran ........................................................................       4
BAB III  PENUTUP................................................................................................       7
3.1.Kesimpulan....................................................................................................       7




BABI
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dewasa ini bidang pembelajaran secara umum sedikit banyaknya terpengaruh oleh adanya perkembangan dan penemuan-penemuan dalam bidang keterampilan, ilmu, dan teknologi. Pengeruh perkembangan tersebut tampak jelas dalam upaya-upaya pembaharuan sistem pendidikan dan pembelajaran. Upaya pembaharuan itu menyentuh bukan hanya sarana fisik/ fasilitas pendidikan, tetapi juga sarana non-fisik seperti pengembangan kualitas tenaga-tenaga kependidikan yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan memanfaatkan fasilitas yang tersedia, cara kerja yang inovatif, serta sikap yang fositif terhadap tugas-tugas kependidikan yang diembannya. Salah satu bagian integral dari upaya pembaharuan itu adalah pengembangan-pengembangan dalam dunia media pembelajaran.
Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu, belajar dapat terjadi kapan saja dan diman saja. Salah satu pertanda bahwa seeseorang itu telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan, atau sikapnya.
Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar teertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan  dalam memilih media, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pembelajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Dalam proses belajar aktif, guru memiliki kewajiban untuk menyampaikan pengetahuan, pengalaman dan pandangannya terhadap bahan yang mereka pelajari. Waktu untuk menyampaikan pesan tersebut sangat terbatas, karena sebagian besar waktu belajar telah digunakan oleh para siswa untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi.  Oleh sebab itu, para guru diharapkan mampu menyajikan bahan-bahan yang akan disampaikannya itu  secara efesien, dalam waktu yang pendek tapi banyak informasi tersajikan.kemudian sajian  mutlak di akhir sesi pembelajaran, karena memberikan justifikasi terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru memerlukan bantuan media, agar lebih efektif menyampaikan bahan dan informasi penetahuan, serta memilki daya tarik bagi para siswa untuk memperhatikannya.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa manfaat/kegunaan media dalam pembelajaran ?
2.      Apa fungsi media dalam pembelajaran ?
1.3  Tujuan
1.      Untuk mengetahui manfaat/kegunaan media dalam pembelajaran.
2.      Untuk memahami fungsi media dalam pembelajaran.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian media pembelajaran
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajarnya.

2.2  Fungsi media pembelajaran
Hamalik ( 1986) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan  pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi.
Adapun fungsi utama  media pembelajaran adalah sebagai Alat bantu  pembelajaran.
Media sebagai alat bantu disini maksudnya apabila ada materi pelajaran yang rumit/kompleks dan abstrak maka akan susah dipahami oleh siswa.  tanpa bantuan media, maka materi ajar tersebut menjadi sukar dicerna dan dipahami oleh setiap siswa. Fungsi media sebagai alat bantu pembelajaran memiliki kualitas tertinggi dalam meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran, serta dengan bantuan media pembelajaran akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik dari pada tanpa bantuan media.
Levie & Lentz (1982) mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, yaitu:
1.      Fungsi atensi
Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
2.      Fungsi afektif
Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau  membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa, minsalnya informasi yang menyangkut masalah sosial atau ras.
3.      Fungsi kognitif
Fungsi kognitif media isual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk mmahami dan mengigat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4.      Fungsi kompensatoris
Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.

2.3  Manfaat media pembelajaran
Sudjana & Rivai (1992:2) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses  belajar siswa, yaitu :
1.      Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2.      Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran.
3.      Metode mengajar akan lebih baik bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalau guru mengajar pada setiap jam pelajaran.
4.      Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.

Encyclopedia of Educational Research dalam Hamalik (1944:15) merincikan manfaat media pendidikan sebagai berikut :
1.      Meletakan dasar-dasr konkret untuk berpikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme.
2.      Memperbesar perhatian siswa.
3.      Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap.
4.       Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan siswa.
5.      Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup.
6.      Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
7.      Memberikan pengalaman yang tidak dapat diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.

Dari uraian dan pendapat beberapa ahli di atas, dapatlah disimpulkan beberapa manfaat praktis dari penggunaan media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar sebagai berikut :
1.      Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
2.      Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulka motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
3.      Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
a.       Objek atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung diruang kelas dapat diganti dengan gambar, foto, slide, realita, film, radio atau model.
b.      Objek atau benda yang terlalu kecil yang tidak tampak oleh indera dapat disajikan dengan bantuan mikroskop, film, slide, atau gambar.
c.       Kejadian langka yang terjadi di masa lalu atau terjadi sekali dalam puluhan tahun dapat ditampilkan melalui rekaman video, film, foto, slide di samping secara verbal.
d.      Objek atau proses yang amat rumit seperti peredaran darah dapat ditampilkan secara konkret melalui film, gambar, slide, atau simulasi computer.
e.       Objek yang terlalu kompleks ( misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain.
f.       Peristiwa alam seperti letusan gunung berapi atau  proses yang dalam kenyataan memakan waktu lama seperti proses kepompong menjadi kupu-kupu dapat disajikan dengan tekhnik-tekhnik rekaman seperti time-lapse untuk film, video, slide atau simulasi komputer.
4.      Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa dilingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkungannya minsalnya melalui karyawisata, kunjungan-kunjungan ke museum atau kebun binatang.



BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Media pembelajaran memiliki manfaat dan fungsi sebagai sarana bagi guru agar dapat menyampaikan materi pelajaran menjedi lebih menarik, tidak hanya menonton, tidak hanya berkhayal dan membayangkan saja tetapi siswa dapat melihat langsung objek materi yang dipelajari walaupun hanya melalui gambaran ataupun video.
            Dengan menggunakan media pembelajaran proses belajar mengajar akan lebih menarik dan menambah minat siswa dalam belajar serta proses belajar mengajar juga bisa berlangsung secara efesien dan afektif.



DAFTAR PUSTAKA

Arsyad  Azhar, 2013. Media Pembelajaran. (cetakan ke-16). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sadiman Arif S, (dkk), 2010, Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan). (etakan ke-14). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar