MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING
Disusun
Oleh
Kelompok 6
Nama : Nurul
Aini (1302090094)
Fathul Jannah (1302090095)
Darwani (1302090096)
Mutia Sarina (1302090099)
Khaurida (1302090074)
SMT/UNIT :
V/C
Mata Kuliah :
Sumber dan Media Pembelajaran SD.
Dosen Pengampu :
Dr. H. Hambali, SE.,M.Pd.
FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ALMUSLIM
MATANGGLUMPANGDUA BIREUEN
2015
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan “Makalah Media
Pembelajaran Berbasis E-learning ” ini dengan penuh
kemudahan.Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah
ini disusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri kami
sebagai Penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan
terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya Makalah ini dapat terselesaikan.
Tujuan dari penulisan makalah ini
adalah untuk memenuhi salah satu tugas dari Mata Kuliah Sumber dan Media
Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim. Penulisan ini juga tidak terlepas
dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Dr. H. Hambali, SE.,M.Pd. selaku dosen pembimbing yanhg telah meluangkan
waktu untuk memberikan dorongan dan bimbingan sehingga makalah ini dapat
selesai sebagaimana mestinya.
Semoga makalah ini
dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah
ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan saran
dari pembaca yang membangun. Terima kasih.
Bireuen, 28 November 2015
Penulis,
Kelompok 6
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.......................................................................................... i
DAFTAR
ISI........................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang ......................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah.................................................................................... 1
1.3 Tujuan Penulisan..................................................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN..................................................................................... 2
2.1 Pengertian Media Pembelajaran
Berbasis E-learning............................
2
2.2 Karakteristik E-learning............................................................................. 3
2.3 Kelebihan dan Kekurangan E-learning....................................................... 3
2.4 Langkah-langkah Penyusunan Program Sistem Pembelajaran
Berbasis E-Learning............................................................................. .... 4
BAB
III PENUTUP............................................................................................. 7
3.1
Kesimpulan ........................................................................................... 7
3.2
Saran...................................................................................................... 7
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Balakang Masalah
Media pembelajaran merupakan salah
satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM). Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang
harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena
itu guru/fasilitator perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran
agar dapat mengefektifkan pencapaian
tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Dalam
makalah ini penulis lebih mengkhususkan pembahasan mengenai media pembelajaran
berbasis internet, dimana dalam proses pembelajaran seorang guru memanfaatkan fasilitas
yang ada diinternet untuk menjadi jalan atau bahan pembelajaran didalam kelas.
Namun
pada kenyataan yang kita lihat dilapangan masih banyak guru yang tabu akan
computer apalagi berhubungan dengan internet. Oleh sebab itu penulis akan
mencoba menjelaskan tentang media berbasis internet ini secara ringkas.
1.2 Rumusan Masalah
Apa Pengertian media pembelajaran
berbasis internet?
Apa saja karakteristik e-learning?
Apa Kelebihan dan kekurangan media
berbasis internet?
Bagaimna langkah-langkah penyusunan
program sistem pembelajaran berbasis E-Learning?
1.3 Tujuan penulisan
Untuk
mengetahui pengertian media pembelajaran berbasis internet, Karakteristik
e-learning, serta kelebihan dan kelemahannya serta langkah-langkah
penyusunan program sistem pembelajaran berbasis E-learning.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Media Pembelajaran
Berbasis E-learning
Salah satu kosa kata yang muncul dan
populer bersamaan dengan hadirnya TIK dalam dunia pembelajaran adalah e-learning.
E-learning merupakan kependekan dari elektronik learning. Secara
generik e-learning berarti belajar dengan menggunakan elektronik. Kata
elektronik sendiri mengandung pengertian yang spesifik yakni komputer atau
internet, sehinga E- Learning sering diartikan sebagai proses
belajar yang menggunakan komputer atau internet.
Sistem pembelajaran elektronik
adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan
konsekuensi logis dari teknologi komunikasi dan infortmasi. Dengan e-learningpeserta
ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk di kelas untuk menyimak setiap
ucapa guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target
waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan
program studi atau program pendidikan.
E-Learning adalah pembelajaran jarak
jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer,
jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar
untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus
secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering
pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses
dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning
tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal
maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun
termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar
dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD,
selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat
di mana dia berada.
2.2
Karakteristik E-Learning
Karakteristik e-learning antara lain
adalah:
a. Memanfaatkan jasa teknologi
elektronik; dimana guru dan siswa, siswa dan sesama siswa atau guru dan sesama
guru dapat berkomunikasi dengan relatif mudah dengan tanpa dibatasi oleh
hal-hal yang protokelor;
b. Menggunakan bahan ajar bersifat
mandiri (self learning materials) disimpan di komputer sehinga dapat diakses
oleh guru dan siswa kapan saja dan dimana saja dan yang bersangkutan
memerlukanya; dan
c. Memanfaatkan jadwal pembelajaran,
kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan
administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.
2.3
Kelebihan dan Kekurangan E-Learning
Menyadari
bahwa melalui internet dapat ditemukan berbagai informasi yang dapat diakses
secara mudah, kapan saja dan dimana saja, maka pemanfaatan internet menjadi
suatu kebutuhan. Bukan itu saja, pengguna internet bisa berkomunikasi dengan
pihak lain dengan cara yang sangat mudah melalui teknik e-moderating yang
tersedia diinternet. Dari berbagai pengalaman dan juga dari berbagai informasi
yang tersedia di literatur, memberikan petunjuk tentang manfaat penggunaan
internet, khususnya da-lam pendidikan terbuka dan jarak jauh, antara lain dapat
disebutkan sebagai berikut.
a. Pembelajaran jarak jauh, e-learning
memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik
menghadiri kelas.
b. Bila siswa memerlukan tambahan
informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan
akses di internet.
c. Baik guru maupun siswa dapat
melaksanakan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta
yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.
d. Berubahnya peran siswa dari yang biasanya
pasif menjadi aktif .
e. Relatif lebih efisien
f. Dapat mempersingkat jadwal target
waktu pembelajaran.
Selain
memiliki beberapa keunggulan, pemanfaatan e-learning pun memiliki
beberapa kekurangan yakni :
a. Terutama dari sisi kebutuhan
investasi jaringan pendukung dengan perangkat lunaknya. Untuk dapat memperoleh
manfaat yang optimal dari e-learning dibutuhkan dukungan jaringan yang
tepat dan stabil.
b. Bagi orang yang gagap teknologi,
sistem ini belum bisa diterapkan
c. Keterbatasan jumlah Komputer yang
dimiliki oleh Sekolah.
d. Kehadiran guru sebagai makhluk yang
dapat berinteraksi secara langsung dengan para murid telah menghilang.
e. Kurangnya penguasaan komputer
f. Proses belajar dan mengajarnya
cenderung kearah pelatihan daripada pendidikan.
2.4
Langkah-langkah Penyusunan Program Sistem Pembelajaran
Berbasis E-Learning
1. Perencanaan Awal
a)
Mengidentifikasi tujuan, kebutuhan dan masalah yang muncul
dalam pembelajaran.
b)
Analisis karakteristik siswa yang akan menggunakan dan
pelajari materi yang akan dikembangkan.
c)
Mempertimbangkan strategi pembelajaran.
2. Menyiapkan Materi
a) Menguasai materi dan metodologi
pengajaran.
b) Menguasai prosedur pengembangan
media.
c) Menguasai teknik pemograman
komputer.
d) Mengetahui keterbatasan komputer.
3. Mendesain Paket Program Pembelajaran
Dalam hal ini yang perlu
diperhatikan adalah memperkenalkan materi baru untuk melengkapi atau menguatkan
pelajaran yang telah berlangsung dengan media lain.
4. Menvalidasi Paket Program
Pembelajaran
Memvalidasi paket program
membuktikan validitasnya secara empiris lewat uji lapangan pada paket program
yang dikembangkan. Paket program diuji cobakan dengan memilih sampel yang representatif.
Dalam program pembelajaran perlu diperhatikan
:
1. Kebenaran bahan ajar.
2. Ketepatan antara program dengan
populasi pengguna.
3. Kesederhanaan program.
4. Efisiensi penggunaannya.
5. Reliabilitas
Menurut Onno W. Purbo ada lima aplikasi standar
internet yang dapat digunakan untuk keperluan pendidikan, yaitu :
1. Electronic mail (e-mail)
Mulai diperkenalkan tahun 1971. Fasilitas ini sering disebut
sebagai surat elektronik, merupakan fasilitas yang paling sederhana dan mudah
digunakan. Dalam survei yang dilakukan sebuah lembaga riset Amerika Serikat
(Graphics, Visualization and Usability Center) diketahui bahwa 84% responden
memilih e-mail sebagai aplikasi terpenting internet, lebih penting daripada web.
2. Mailing List
Mulai diperkenalkan setelah e-mail yaitu sejak tahun 1972.
Ini merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk membuat kelompok
diskusi atau penyebaran informasi. Cara kerja mailing list adalah pemilik
e-mail dapat bergabung dalam sebuah kelompok diskusi, atau bertukar informasi
yang tidak dapat diintervensi oleh orang di luar kelompoknya. Komunikasi
melalui fasilitas ini sama seperti e-mail bersifat tidak langsung
(asynchronous)
3. News group
News group fasilitas internet yang dapat dilakukan untuk
komunikasi antar dua orang atau lebih secara serentak atau bersifat langsung
(synchronous). Bentuk pertemuan ini sering disebut sebagai konferensi, dengan
fasilitas video conferencing, atau text saja, atau bisa audio dengan
menggunakan fasilitas chat (IRC).
4. Melalui fasilitas File Transfer
Protocol (FTP)
Seseorang dapat menstransfer data atau file dari satu
komputer ke internet (up-load) sehingga bisa diakses oleh pengguna internet di
seluruh pelosok dunia. Di samping itu fasilitas ini dapat mengambil file dari
situs internet ke dalam komputer pengguna (down-load).
5. World Wide Web (www)
World Wide Web atau sering
disebut Web mulai diperkenalkan tahun
1990-an. Fasilitas ini merupakan kumpulan dokumentasi terbesar yang tersimpan
dalam berbagai server yang terhubung menjadi suatu jaringan (internet). Dokumen
ini dikembangkan dalam format hypertext.
Dengan menggunakan Hypertext Markup
Language (HTML). Melalui format ini
dimungkinkan terjadinya link dari satu dokumen ke dokumen/bagian lain.
Selain itu fasilitas ini bersifat multimedia, yang terdiri dari kombinasi unsur
teks, foto, grafika, audio, animasi, dan juga video.
Teknologi
internet pada hakekatnya merupakan perkembangan dari teknologi komunikasi
generasi sebelumnya. Media seperti radio, televisi, video, multi media, dan
media lainnya telah digunakan dan dapat membantu meningkatkan
mutu pendidikan. Apalagi media internet yang memiliki sifat interaktif, bisa
sebagai media massa dan interpersonal, dan gudangnya sumber informasi dari
berbagai penjuru dunia, sangat dimungkinkan menjadi media pendidikan lebih
unggul dari generasi sebelumnya.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Sistem pembelajaran elektronik
adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan
konsekuensi logis dari teknologi komunikasi dan infortmasi. Dengan e-learning, peserta
ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk di kelas untuk menyimak setiap
ucapa guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target
waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan
program studi atau program pendidikan.
E-Learning adalah pembelajaran jarak
jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer,
jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar
untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus
secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas.
3.2 Saran
Dalam penerapan media pembelajaran berbasis E-learningt ini, hendaknya seorang guru
melihat terlebih dahulu karakteristik para siswanya dan fasilitas yang dimiliki
disekolah, jika memungkinkan lebih baik untuk diterapkan dan diawasi secara
baik dalam penerapannya.
DAFTAR PUSTAKA
Basyiruddin
Usman, Asnawir. 2002, Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Pers.
Oemar Hamalik.
1989. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya.
Prawiradilaga,
Dewi S dan Eveline Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Prenata Media:
Jakarta.
Arsyad,
Azhar. 2013. Media Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers
Sanjaya,
Wina. 2012. Media Komunikasi
Pembelajaran. Jakarta:Kencana
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar