MEDIA KOMPUTER
DISUSUN
OLEH
KELOMPOK: 5
ANDAWIYAH (1302090091)
RAHMAWATI (1302090090)
NURRIZKA (1302090092)
SARAH (1302090093)
UNIT : V/C
MAKUL :
Sumber Dan Media Pembelajaran
DOSPEN :
Drs HAMBALI, M.Pd
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ALMUSLIM
MATANGGLUMPANGDUA, BIREUEN
2015
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan
makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin Penyusun
tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah
ini disusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri kami
sebagai penyusun maupun
yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan
dari Allah SWT akhirnya Makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Media Komputer.”kami juga
mengucapkan terima kasih kepada Dosen Pembimbing yang telah membimbing kami agar dapat
menyelesaikan makalah ini.
Semoga Makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini
memiliki banyak kekurangan. Kami mohon untuk saran dan kritiknya.
Bireuen,11 November 2015
(KELOMPOK 5)
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ......................................................................................... i
DAFTAR
ISI........................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................... 1
A.
Latar
Belakang.......................................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah..................................................................................... 1
C.
Tujuan
....................................................................................................... 2
BAB II PENDAHULUAN.................................................................................. 3
A. Pengertian Media Komputer....................................................................... 3
B. Karakteristik Media Komputer.................................................................... 4
C. Fungsi dan Kegunaan Media Komputer ..................................................... 4
D. Aplikasi
Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran ..................................... 5
E. Fungsi dari hyperlink................................................................................... 6
BAB III PENUTUP............................................................................................. 7
A.
Kesimpulan ............................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 8
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan
teknologi yang sangat pesat sangat berpengaruh dalamdunia pendidikan. Dengan
berkembangnya teknologi ini mengakibatkan berkembangnya ilmu pengetahuan yang
memiliki dampak positif maupun negatif. Perkembangan teknologi ini dimulai dari
negara maju, sehingga Indonesia sebagai negara berkembang perlu mensejajarkan
diri dengannegara-negara yang sudah maju tersebut. Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam
pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar
mampu menggunakan alat-alat yangdapat disediakan oleh sekolah, dan tidak
tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan
tuntutan zaman.
Guru sekurang-kurangnya
dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meskipun sederhana dan bersahaja
tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang
diharapkan. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga
dituntut untuk dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pengajaran yang
akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki
pengetahuan dan pemahamaan yang cukup tentang media pengajaran. Dari beberapa
model pembelajaran, ada model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu
peningkatan penalaran siswa yaitu model pembelajaran berbasis computer. Pada
dasarnya, pembelajaran berbasis komputer adalah suatu sistem pengajaran yang
cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik
dengan konteks teknologi.
B.
Rumusan Masalah
1. Apasajakah
karakteristik media komputer ?
2. Apasajakah
fungsi dan kegunaan media komputer ?
3. Bagaimana
mengaplikasikan media komputer?
c. Tujuan
1. Mengetahui
karakteriskik media Komputer!
2. Menjelaskan fungsi dan kegunaan media Komputer!
3. Mendeskripsikan aplikasi media Komputer! .
BAB II
PENDAHULUAN
A. Pengertian Media Komputer
Media
Komputer merupakan mesin yang di rancang khusus untuk memanipulasi informasi yang secara otomatis
melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana. Satu unit computer terdiri atas
empat komponen dasar yaitu keyboard , Cpu pemroses data yang di input , penyimpanan
data yang di simpan . pemanfaatan computer untuk pendidikan yang di kenal
dengan pembelajaran computer yang di gunakan untuk mengadministrasikan tes dan
pengelolaan administrasi sekolah, penyajiaan informasi isi materi pelajaran,
latihan atau kedua-duanya , dan computer dapat menyajikan informasi dan tahapan
pembelajaran lainnya di sampaikan dengan media computer
Berikut
ini di kemukakan beberapa kekuatan dan keterbatasan computer yang di gunakan
untuk tujuan pendidikan .
a. Keuntungan
1.
Komputer
dapat mengakomodasi siswa yang lambat menerima pembelajaran dan dapat memberikan
iklim yang lebih bersifat afektif dengan cara yang lebih individual .
2.
Komputer
dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan, melakukan kegiatan
laboratorium atau simulasi dalam animasi grafik dan warna .
3.
Dapat
berhubungan dengan video dalam program computer.
b. Keterbatasan
1.
Menggunakan
computer di perlukan pengetahuan dan keterampilan khusus tentang computer
2.
Beragaman
model Komputer (perangkat keras)
3.
Komputer
hanya efektif bila di gunakan satu orang atau beberapa orang dalam kelompok dan
mampu nmemproyeksi layar secara lebih besar.
B. Karakteristik
Media Komputer
Komputer merupakan jenis
media yang secara teknis dapat menyediakan
respons yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Lebih dari itu,
komputer memiliki kemampuan menyimpaan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan serta
menayangkan beragam
bentuk media di dalamnya.Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan
sebagai sarana komputasi
dan pengolahan kata (word processor), tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia yang
memungkinkan mahasiswa membuat desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan.Multimedia
berbasis komputer dapat pula dimanfaatkan sebagai saranadalam melakukan
simulasi untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu.
Perkembangan
teknologi komputer saat ini telah membentuk suatu jaringan (network) yang dapat memberi kemungkinan bagi siswa:
Karakteristik media hasil
teknologi yang berdasarkan komputer:
a.
Mengumpulkan data mengenai siswa
b.
Dapat
digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang.
c.
Gagasan
disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik.
d.
Berorientasi
pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
e.
Membuat catatan perkembangan
pembelajaran
(kelompok atau perorangan)
C. Fungsi dan
Kegunaan Media Komputer
Adapun fungsi media komputer
dalam pembelajaran diantaranya sebagai
alat untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Serta untuk pembelajaran individual
dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia).
Penggunaan Multimedia presentasi
digunakan untuk menjelaskan materi-materiyang sifatnya teoritis, digunakan
dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak. Media ini cukup efektif
sebab menggunakan
multimedia proyektor yang memiliki jangkauan pancar cukup besar.
Kelebihan media
ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik, dan sound
menjadi satu kesatuan
penyajian sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa multimedia
interaktif dapat digunakan pada pembelajaran disekolah, sebab cukup efektif
karena meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Selain itu, juga bersifat multimedia yang
mempunyai unsur-unsur lengkap meliputi sound, animasi, video, teks, dan
grafis.c. Video Pembelajaran Selain CD interaktif, video termasuk media yang
dapat digunakan untuk pembelajaran di SD. Video ini bersifat
interaktif-tutorial yakni membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui
visualisasi. Siswa juga secara interaktif mengikuti kegiatan praktik sesuai
yangdiajarkan dalam video. Penggunaan CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan
suatu proses. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi,
pembelahan sel, proses respirasi, dan lain-lain.
D. Aplikasi Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
Aplikasi komputer
dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual
learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini
telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang
diinginkan.Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan
tersedianya medium
komputer.
Beberapa lembaga
pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai
sarana interaksi. Hyper-link Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu
bagian dalam slide,
file, program, atau halaman web dengan bagian lainnya dalam bidang-bidang
tersebut. Hyperlink digunakan untuk menunjukan lokasi lain dari dari teks atau
objek yang dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa dokumen, file,
objek, aplikasi, halaman web dan sebagainya. Hyper-link terdiri dari dua fungsi sebagai penghubung,
yaitu: Hyper-link antar file (dari file jenis
powerpoint ke file lain)
Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian di dalam slide,
file, program ataupun pada halaman web dengan bagian yang lainnya dalam
bidang-bidang tersebut. Hyperlink sering dipakai untuk menunjukan lokasi
lainnya dari dari teks maupun objek yang diperlihatkan atau dipresentasikan.
Hyperlink dapat menghubungkan beberapa file, objek, aplikasi, dokumen, halaman
web dan lain-lain.
Atau definisi hyperlink yang lainnya adalah suatu teks yang akan
mengarahkan ke tampilan dokumen atau halaman lain. Hyperlink sering kita kenal
dengan link, kalau kita menklik hyperlink pada halaman suatu website berarti
kita telah menbrowse WWW (World Wide Web) dan menuju ke halaman yang lain
ataupun ke dokumen lain.
E. Fungsi dari hyperlink
Fungsi Hyperlink yaitu,
lebih sering disingkat atau disebut Link merupakan suatu fungsi dalam HTML
(Hyper Text Markup Language) yang memiliki tujuan untuk memudahkan visitor atau
pengunjung pada suatu web untuk menelusuri berbagai informasi yang tersimpan di
dalam suatu website yang dikunjunginya, dan link juga berguna untuk
menghubungkan antar dokumen HTML.
Link pada umumnya
ditampilkan dalam huruf dengan warna yang berbeda, apabila kursor mouse
komputer kita diarahkan ke link tersebut maka huruf akan kelihatan bergaris
bawah dan juga kursor biasanya akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang
menujuk pada link tersebut. Jika link tersebut sebelumnya pernah di kunjungi
atau diakses, maka objek link tersebut warnanya berubah mejadi ungu atau warna
lainnya. Link dapat juga dipasang pada gambar dan jika kita mengklik gambar
tersebut akan dibawa ketampilan yang lain.
BAB III
PENUTUP
B. Kesimpulan
- Komputer merupakan satu perangkat pengolah data yang dapat didesain dan dikembangkan untuk membantu manusia menjalankan aktivitasnya
- Sebagai alternatif sumber belajar, komputer digunakan untuk mentransfer materi-materi kepada peserta didik atau dalam konteks pembelajaran disebut dengan Media Pembelajaran Berbasis Komputer.
- Media pembelajaran adalah semua bentuk perantara yang digunakan dalam pembelajaran yang berupa informasi, pendapat atau gagasan yang dapat memberi rangsangan kepada peserta didik sehingga terjadi interaksi antara pemberi pesan dan penerima pesan.
- Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan(input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi secara cepat melalui suatu program atau aplikasi tertentu.
- Bentuk-bentuk penggunaan komputer sebagai media pembelajaran :Penggunaan Multimedia Presentasi, CD Multimedia Interaktif, dan Video Pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad Azhar .2007 Media
pembelajaran .Jakarta : PT Raja Gravindo persada,
Usman. 2009. Media pembelajaran . Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada. panjidewantoro./2013/03/plain-hyper./2009/12/pengertian-hyperlink.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar